Dosen sekaligus Sekretaris Program Studi S1 PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung, Nuhyal Ulia berhasil meraih gelar doktor dari Program Doktor Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ia berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji dalam ujian tertutup di UNNES yang dilaksanakan Senin, 04 Agustus 2025/10 Shafar 1447 H.
Tim penguji antara lain Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si. (Ketua Penguji), Prof. Dr. Dr. Wardono, M.Si. (Sekretaris Penguji & Penguji 3), Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. (Penguji 1), Dr. Arief Agoestanto, M.Si (Penguji 2), Dr. Dra. Emi Pujiastuti, M.Pd. (Penguji 4), Prof. Dr. Isti Hidayah, M.Pd. (Penguji 5) dan Prof. Dr. St. Budi Waluya, M.Si. (Penguji 6) telah menguji disertasi yang berjudul “Proses Berpikir Complex Problem Solving dan Bentuk Scaffolding Berdasarkan Level Abstraksi Reflektif pada Model Pembelajaran Mathematical Modelling”. Dr. Nuhyal Ulia, S.Pd., M.Pd. lulus dengan IPK komulatif 4,00 dan predikat sangat memuaskan setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh promotor dan tim penguji. Dr. Nuhyal Ulia, S.Pd., M.Pd. merupakan lulusan Doktor FMIPA ke-37 dan lulusan Doktor Pendidikan Matematika ke-68.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir CPS melibatkan pengetahuan sebelumnya sebagai bentuk abstraksi reflektif yang dapat membantu merekonstruksi pengetahuan baru untuk menyelesaikannya. Temuan ini memperkuat teori sebelumnya tentang model pembelajaran Mathematical Modeling yang dapat meningkatkan kemampuan CPS peserta didik serta scaffolding sebagai strategi yang dapat membantu bergerak melalui ZPD untuk memecahkan masalah kompleks. Lebih lanjut hasil penelitian ini juga memiliki implikasi terhadap pelaksanaan deep learning, “Penelitian ini memiliki implikasi terhadap perlunya dilaksanakan pembelajaran bermakna yang selaras dengan Deep Learning sebagai pendekatan yang sedang digalakkan saat ini agar peserta didik memiliki level abstraksi reflektif yang baik, yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan CPS peserta didik”, ungkap Nuhyal.
Nuhyal bersama pembimbingnya juga berhasil menerbitkan tulisan dengan judul The Relation of Complex Problem Solving with Reflective Abstraction: A Systematic Literature Review di International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol. 13 No. 3, Juni 2024 yang merupakan jurnal internasional terindeks scopus Q2.
Turut hadir dalam acara promosi Doktor Nuhyal Ulia Wakil Rektor 2 Unissula Dr. H. Deddy Rusdi, SE., M.Si., Akt., CA., Wakil Rektor 3 Unissula Muhammad Qomaruddin, ST., MSc., PhD., dan Dekan FKIP Unissula Dr. Muhamad Afandi, M. Pd., M. H.
Recent Comments